Senin, 21 Januari 2013

Bagaimana mengubah bahasa Google Search ?



Whaduhh... ini kenapa ya?? Kok tiba2 tampilan googl di kompi saya jadi aneh gini?? Google-nya tiba-tiba pake bahasa Spanyol, Aduh... mana saya ngerti?!
Gimana nih, pusying juga jadinya kalo begini. Bahkan semua hasil pencarian juga pake bahasa Spanyol. Apa yang harus saya pilih untuk di-klik, saya juga gak tau...

Mungkin temen2 juga ada yang pernah ngalami kejadian seperti yang saya alami itu ya...
Mungkin kasus saya masih mendingan cuma bahasa spanyol yang masih pake huruf alphabet. Tapi coba bayangin kalo tiba-tiba tampilan bahasa google-nya pake huruf arab, kanji, atau yang lebih parah cuma muncul tulisan kotak-kotak doang...
Haddoooh... pengen tereak deh rasanya... Aaaarrgghhhh....

Setelah saya selidiki, ternyata kejadian ini terjadi setelah saya melakukan upgrade versi untuk program browser firefox.
Kebetulan di PC, saya instal dua browser, salah satunya adalah firefox. Kalo pake browser yang lain, tampilan bahasa googl-nya normal2 aja kok. Tapi kenapa kalo pake firefox jadi bahasa aneh ya??

Karena saya dulu mantan teknisi komputer, maka sayapun mulai utak-atik cari tau gimana caranya ngubah tampilan bahasa di google itu...
Dan inilah langkah-langkah yang saya lakukan :

1. Buka website google (yang pake bahasa aneh tadi), lalu melakukan pencarian dengan keyword apa aja.
2. Nah, sekarang lihat halaman hasil pencarian. Langsung menuju ke bagian bawah halaman tersebut.
Temen-temen liat dibawah tulisan "Gooooogle" dan hal 1,2,3,4,dst.
Disitu ada 3 buah link, salah satunya bertuliskan "advanced search". dan posisinya ada di sebelah paling kiri.
3. Klik link 'advanced search' tadi.

Kalo teman-teman bingung karena tidak bisa menemukan link itu karena google-nya masih dalam bahasa aneh, jangan khawatir...
Gampang aja, paling nggak ikuti aja posisi link-nya dari penuturan diatas. Pasti dijamin nggak nyasar. Atau lihat petunjuk gambar dibawah ini.

4. Oke, setelah masuk halaman 'advanced search' kita langsung menuju ke bagian paling bawah halaman itu. Ada link "customize your search setting", silahkan di klik aja.
Pasti nanti kita akan masuk ke alamat ini http://www.google.com/preferences?hl=en

5. Masuk ke halaman 'search settings'.
Disini ada pilihan disebelah kiri halaman, yaitu : 'search result', 'languages',dan 'help'.
Kemudian kita pilih 'languages'.
Lalu tandai (centang) bahasa yng kita inginkan, lalu klik 'save'.

6. Selesai sudah Mas Bro... Selamat mencoba.
Selamat menikmati pencarian di google dengan nyaman... Dijamin setingan bahasa google-nya nggak akan berubah2 lagi deh...

Tidak ada komentar: