Senin, 11 Maret 2013

Apa itu program micro controller ?

Setiap orang dewasa ini tentu sudah sangat familiar dengan komputer , tapi tidak semua orang tahu bagaimana sebuah komputer itu bekerja. begitu juga dengan mesin cuci,AC,oven dan peralatan lain yang serba otomatis kita semua sudah terbiasa menggunakannya tapi tapi tidak semua orang tahu bagaimana peralatan otomatis itu bekerja. Tentu tidak semua orang ingin mengetahuinya karena dianggap sulit .Tapi tahukah anda bahwa semua itu anda dapat pelajari dengan mudah.

        

Jual PIC Microcontroller Program
www.tokoone.com
Untuk melihat tipe-tipe seri microcontroler yang tersedia, silahkan   klik disini

Bagian utama sebuah komputer atau peralatan otomatis adalah apa yang disebut prosessor. lebih khusus untuk sebuah komputer biasa disebut microprosesor dan untuk peralatan otomatis spt ac,mesin cuci, remote control, dll disebut microcontroller tapi tugas keduanya adalah sama yaitu menjadi pemroses/ "pemikir" utama .

Untuk komputer anda mungkin sudah sering mendengar pentium I, Pentium II , Atlon dsb. itu adalah jenis microprossesor sebuah pc. Pentium adalah microprosesor buatan perusahaan Intel dan Atlon buatan AMD .Tapi pada tutorial ini kita hanya akan mempelajari Microcontroller diantaranya PIC16F84 buatan microchip , AT89c51 buatan ATMEL dan MC68HC11 buatan motorola .bagi pemula pilih salah satu saja untuk memulai mempelajarinya, saya sarankan pilih AT89C51 (sejenis dg 8051 buatan intel) atau PIC16f84. jika anda sudah menguasai satu jenis microcontroler maka akan mudah mempelajari microcontroler jenis lainnya karena pada prinsipnya sama.

Bagaimana mikrokontroller bekerja pada sebuah mesin cuci ?
Gambar dibawah ini menggambarkan contoh rangkaian microcontroller dlm sebuah mesin cuci yg disederhanakan . Agar rangkaian bekerja kita harus memberi perintah (program ) kepada microcontroller , programnya adalah sbb: " jika tombol start ditekan nyalakan led hijau dan berikan sinyal 5volt dan jika tombol stop ditekan nyalakan led merah dan stop sinyal 5volt"

Tidak ada komentar: